Ads 468x60px

Friday 26 September 2014

INVESTASI APARTEMEN

Membeli Apartmen sebelum dibangun? Apa sih keuntungannya?? kok saya takut ya melakukannya? saya kan nggak yakin apartemen itu jadi dibangun atau tidak? Kok berani ya beli kucing dalam karung?
Kira-kira pertanyaan itu yang terbesit pada benak sebagian orang yang ditawari unit apartemen yang belum dibangun.
Saat ini banyak pengembang yang melakukan pemasaran unit apartemen, sebelum apartemen itu dibangun. Bahkan memasang tiang pancang pun belum, tapi unit apartemen sudah dipasarkan di pameran-pameran dan counter.
Ini bukanlah hal yang aneh. Selain untuk mendatangkan pembeli lebih cepat, pengembang juga mendapatkan kepastian terjualnya unit apartemen sebelum mereka membangunnya. Tapi tentunya izin prinsip pembangunan apartemen beserta kelengkapan dokumen penunjang harus telah dimiliki oleh pengembang.
Untuk memberikan gambaran mengenai bagaimana apartemen itu dibangun dan bagaimana desainnya, para pengembang ini telah memiliki desain dan tata ruangan dari unit apartemen yang akan mereka jual. Biasanya telah disediakan pula show unit berupa ruangan yang didesain mirip dengan rencana bentuk jadi unit apartemen. Dari sinilah investor biasanya akan menilai apakah ia akan memutuskan untuk membeli apartemen atau tidak.
Lalu apa saja keuntungan bagi investor untuk membeli apartemen sebelum dibangun?
1. Investor dapat menentukan lokasi unit yang akan dibeli. Lokasi ini meliputi letak unit apartemen, letak lantai, pilihan view/pemandangan, faktor fengshui, dan sebagainya. Dengan membeli apartemen yang masih fresh marketingnya, kita akan lebih leluasa untuk menentukan lokasi unit apartemen.
2. Untuk memasarkan apartemen pertama kali, biasanya pengembang mengadakan promo berupa diskon harga unit apartemen maupun memberikan bonus/hadiah lainnya, misalnya bonus TV, motor, peralatan rumah tangga dan sebagainya.
3. Harga jualnya unit apartemen akan relatif lebih murah dari pada membeli setelah apartemen ready.
4. Dapat memetik gain atas pembelian unit yang belum dibangun. Dengan hanya membayar uang mukanya, Anda bisa menjual kembali unit apartemen ini kepada pihak lain setelah apartemen mulai dibangun dengan harga yang lebih tinggi

Apartemen sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat kota besar dalam memilih rumah tinggal. Lokasi apartemen yang relatif di tengah kota dan tersedianya fasilitas pendukung dan hiburan di dalam kawasan apartemen menjadikan property ini menjadi favorit masyarakat masa kini.

Apartemen selain menjadi rumah tinggal juga mampu memberikan nilai lebih dalam berinvestasi. Banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan dalam berinvestasi di apartemen. Salah satu keuntungan berinvestasi di apartemen adalah nilai sewa apartemen yang tinggi. Dibandingkan rumah kontrakan, apartemen memiliki nilai sewa yang tinggi apalagi jika kita memfurnish dengan perabotan yang menarik dan dengan desain interior yang cantik. Nilai sewa ini mampu menutup angsuran KPA (Kredit Kepemilikan Apartemen) bank lho...

Selain itu, nilai jual kembali apartemen sangat tinggi dari tahun ke tahun. Ini juga dipengaruhi oleh kebutuhan masyarakat yang semakin besar terhadap keberadaan apartemen dan kemampuan nilai sewanya yang tinggi. Para investor spekulan akan membeli apartemen pada saat pertama kali ditawarkan atau sebelum apartemen tersebut dibangun. yang relatif masih murah harganya. Kemudian mereka menjual apartemen iu dengan harga yang lebih tinggi saat apartemen sudah selesai dibangun. Hanya dalam waktu singkat, keuntungan yang lumayan sudah berada di dalam genggaman.

Penghasilan pasif dari apartemen dapat diperoleh sebagai penghasilan bersih dengan mengalihkan beban biaya maintenance bulanan, biaya listrik dan air kepada penyewa. Dengan demikian, kita tidak perlu mengeluarkan biaya apapun dalam rangka pengelolaan apartemen tersebut.

Selain keistimewaan di atas, banyak juga pengembang yang menawarkan sistem kondominium dimana pengembang akan bertanggungjawab terhadap pengelolaan apartemen dan memberikan jaminan tersewanya apartemen. Kita sebagai pemilik tidak perlu pusing mengelola apartemen dan mencari penyewa. Semua itu akan diurus oleh pengembang. Menarik bukan?

Banyak hal menarik lainnya dari investasi apartmen yang akan kita kupas dalam artikel lainnya. Namun banyak juga hal-hal yang perlu menjadi pertimbangan kita dalam berinvestasi apartemen untuk mengelola risiko yang mungkin terjadi.

Silahkan menyimak artikel lainnya untuk mendapatkan informasi lebih dari investasi apartemen ini.

0 comments:

Post a Comment

 
Blogger Templates